Senin, 12 Desember 2011

Memperbaiki mouse yg sering double klik sendiri

Ini adalah problem klasik yg masih ada sampai sekarang. Kebanyakan produsen mouse (paling tidak Microsoft, Logitech & Razer, dll), masih menggunakan mikroswitch Omron pada produk2 mouse mereka yg sangat sensitif thdp gerakan & mjd penyebab kebanyakan dobel klik padahal mouse diklik cuma sekali.

• MouseFix •

TMouseFix adalah pogram mini yg bisa dipakai untuk mengatasi masalah beberapa pengguna mouse optik Microsoft Intellimouse Explorer (& kebanyakan merk mouse) yg mempunyai 'cacat' pd mikroswitchnya yg menyebabkan single-click terbaca sbg double-click pada Windows.

Berbeda dgn masalah pada Microsoft Knowledge Base Article 266738 — IntelliMouse: Mouse Double-Clicks When You Try to Single-Click yg disebabkan karena kerusakan pd hardware mouse itu sendiri.

Mekanisme kerja program ini dgn 'membaca' event "up" pada tombol mouse kiri sewaktu diklik & 'mengabaikan' event "up" berikutnya yg muncul setelah mouse diklik jd mouse 'dianggap' cuma mengklik sekali saja.

Instal MouseFix:

Download MouseFix
Ekstrak terus taruh file2nya dlm direktori Program Files Windows (misal, C:\Program Files\MouseFix).
Bikin shortcut MouseFix.exe lalu taruh dalam folder Startup di Start menu.
Log off dan selesai — mouse anda tidak akan double-click lagi!

Kalau mau jalankan program executable-nya, cukup run sekali saja — Utility ini tidak akan terlihat sedang berjalan pada Windows kecuali anda akses dari TaskManager (exit-nya jg bisa dgn meng-end task- program ini).

Catatan Tambahan

Walaupun MouseFix umumnya bisa dijalankan dgn menambah link ke folder Startup seperti diatas, namun untuk mencegah cursor menjadi hang sewaktu2 krn proses run-nya diprioritas Normal, anda bisa mengakalinya dgn mengesetnya ke prioritas High atau RealTime pada process Windows. Caranya isi field "Target" link MouseFix dgn:

C:\WINDOWS\system32\cmd.exe /c start "" /B /REALTIME "C:\Program Files\MouseFix\MouseFix.exe"
kalau misalkan anda mengcopy MouseFix di direktori 'C:\Program Files\MouseFix\', atau juga bisa dgn mengatur drive dan path sesuai kebutuhan anda & mengeset field "Run" pada link menjadi "Minimized". Dgn begitu, MouseFix akan berjalan dgn prioritas RealTime utk mencegah program hang sewaktu-waktu.

program mousefix dapat di download di "download time !!" pada blog ini.

2 komentar:

  1. Hebat, saya kira hardwarenya yang rusak, ternyata cacat di micro switch. Sekarang sudah beres masalah saya.

    Dulu mouse lama dikandangkan, karena memang waktunya ganti. Ternyata kasusnya sama.

    BalasHapus
  2. oke boss dah bagus kembali nes serrr

    BalasHapus